ERP




I.               Pendahuluan
ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya sebuah perusahaan. ERP terdiri dari 3 elemen yaitu Enterprise (perusahaan), Resource (sumber daya), dan Planning (perencanaan), yang berarti menekankan aspek perencanaan dan analisis sumber daya perusahaan seperti, Finansial, Akuntansi, Sumber Daya Manusia (SDM), Rantai Suplai, dan sebagainya.

II.            Pembahasan

Kelebihan ERP dengan Teknologi Cloud Computing

1.     Mengintegrasikan semua area fungsional seperti; Purchase, Sales, Inventory, Finance, Accounting, Human Resource, dll.
2.     Menawarkan sistem terintegrasi di dalam perusahaan, sehingga proses dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.
3.     Memungkinkan melakukan integrasi secara global karena bisa diakses menggunakan perangkat seperti, smartphone, tablet, dan PC komputer selama dia memiliki Web Browser. Halangan yang tadinya berupa perbedaan valuta, perbedaan bahasa yang dapat dijembatani secara otomatis sehingga data dapat diintegrasikan.
4.     Memungkinkan manajemen mengelola operasi, tidak hanya sekedar memonitor saja. Dengan ERP, manajemen tidak hanya mampu untuk menjawab pertanyaan ’Bagaimana keadaan kita ?’ tetapi lebih mampu menjawab pertanyaan ’Apa yang harus kita kerjakan untuk menjadi lebih baik?’
5.     Membantu melancarkan pelaksanaan manajemen supply chain yang berfungsi untuk membantu menjaga persediaan/stok agar tetap ada dan sesuai dengan penjualan (just-in-time).

III.         Kesimpulan
Menurut saya penggunaan ERP pada sebuah perusahaan atau sebuah instansi dapat sangat membantu, karena semua sudah terintegerasi ke dalam sebuah system.

IV.          Daftar Pustaka
https://ukirama.com/blogs/apa-itu-sistem-erp






Komentar